Sejarah CMS Blogger dan Kelebihanya


Sejarah CMS Blogger dan Kelebihanya

Primonymous - Sejarah CMS Blogger dan Kelebihanya  ~ Blogger (blogspot), merupakan CMS (Content Management System) untuk nge-blog yang paling banyak digunakan. Tapi sebelumnya, tau-kah kamu tentang sejarah dari Blogger? Dikutip dari Wikipedia dan Kaskus W3Magz, ini dia sejarah dan perkembangan Blogger.

Sejarah Blogger


Blogger pertama kali diperkenalkan pada tanggal 23 Agustus 1999 oleh Pyra Labs. Blogger merupakan platform blog yang paling awal. Dalam perkembanganya, Pyra Labs mengalami kesulitan keuangan dan akhirnya pada Februari 2003, Pyra Labs telah resmi diakuisisi oleh Google Inc. Pada tahun 2004 Google juga mengakuisisi Picassa (sebuah aplikasi untuk meng-edit foto) dan diintegerasikan dengan layanan Blogger sebagai hosting gambar. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi pengguna Blogger karena memungkinkan pengguna untuk dapat memperoleh hosting gambar secara gratis dengan kapasitas besar.

Baru pada tahun 2004, Blogger akhirnya melakukan perubahan desain yang signifikan dengan menambahkan fitur – fitur baru seperti arsip, form komentar, posting melalui email, template, dan lain sebagainya. Blogger terus melakukan inovasi – inovasi dan perubahan. Perubahan yang drastis terjadi pada tahun 2007, dimana semua blog secara otomatis berada di server Google. Dengan adanya perubahan server ke server Google, Blogger menjadi lebih handal terutama dalam hal minimum downtime.

Keunggulan Blogger dibanding CMS lainya


Keunggulan Blogger sebagai platform blog adalah sebagai berikut:

1. Free Service 

Blogger menyediakan layanan untuk posting dan hosting gambar secara GRATIS alias cuma – cuma. Para penggunanya tidak perlu lagi dipusingkan untuk membayar sewa server seperti CMS lain.

2. Minimum Downtime

Server Blogger merupakan server Google sehingga bisa dipercaya kehandalanya. Selain itu, Blogger juga menyediakan unlimited bandwitch sehingga sebanyak apapun pengunjungnya, tidak perlu khawatir kuota bandwitch habis.

3. User Friendly

Blogger memiliki pengaturan yang mudah sehingga cocok untuk pemula.

4. Template Designer

Blogger menyediakan fitur template editor yang sangat mudah untuk digunakan. Pengguna Blogger bisa merubah background, mengatur tipografi, dan sebagainya tanpa harus berurusan dengan kode HTML.

5. Multi Author

Blogger memiliki fasilitas multi author yang memungkinkan kita untuk memiliki lebih dari satu author dalam satu blog.

6. Custom Domain

URL default dari Blogger adalah blogspot.com. Namun Blogger juga menyediakan fasilitas redirect domain menjadi custom domain. Pengguna Blogger cukup membeli domain tanpa perlu membeli hosting lagi, karena hosting untuk konten blog sudah disediakan gratis oleh Blogger.

Itu dia Sejarah CMS Blogger dan Kelebihanya, semoga bermanfaat.. 

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Sejarah CMS Blogger dan Kelebihanya "

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.