Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi


HD PZU3

PrimonymousMengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi ~ Halo! Kali ini Primonymous akan nge-share Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi berdasarkan pengalaman yang baru saja terjadi, hehe. Berawal dari harddisk eksternal gue yang saat dicolok ke port USB 3.0, tetapi lampu indikatornya berwarna kuning (harusnya warna biru untuk USB 3.0). Lalu gue coba restart laptop (mungkin aja laptopnya hang) dan yang terjadi tetap tidak terbaca/terdeteksi dan lampu indikatornya kali ini mati, tapi hardisknya masih muter (masih berasa getaranya).

Gue langsung panik,  dan berdo’a, lalu nanya ke tuan Google. Dari hasil pencarian Google akhirnya sekarang hardisknya udah bisa dipake lagi dengan normal dan gue bisa ngetik artikel ini, hehe..

Ok, sekian curcol gue, langsung saja disimak Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi

  • Driver hard disk eksternal tidak dikenali
Bisa jadi karena kesalahan dalam file system pada hardisk karena sering langsung cabut tanpa di eject terlebih dahulu.

  • Port USB pada PC/Laptop rusak
Bisa jadi karena kerusakan fisik seperti port USB kendor/longgar. Coba colokkan pada port USB pada PC/Laptop lain

  • HDD External tidak mendapat pasokan daya yang cukup
Coba ganti kabel USB-nya dengan kabel USB yang ujungnya 2 (kabel Y).

Kabel Y

  • Driver Windows yang bermasalah.
Begitu sebuah perangkat kita colokkan ke port USB, Windows akan berusaha mengenali perangkat tersebut. Untuk mengatasi driver Windows yang bermasalah, silahkan ikuti cara berikut:
  1. Coba colokkan hardisk eksternal-mu ke port USB dan lihat apakah Windows membacanya
  2. Lalu, jika hardisk eksternal sudah dikenali tapi tidak muncul di Windows Explorer gimana tuh? Ikuti cara berikut:
  3. Buka Run (tombol windows + R), ketik diskmgmt.msc di dalam kolom dialog Run, dan tekan Enter.
  4. Lalu akan masuk ke Disk Management. Jika di Windows Explorer partisi hardisk tidak terbaca, maka di Disk Management akan terbaca.
  5. Di dalam Disk Management ini kamu bisa memformat, menata ulang partisi, mengganti nama drive, dan sebagainya.
Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi


Sekian artikel tentang Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi, semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

42 Responses to "Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca/Terdeteksi"

  1. tapi kalo kaya Hard.Ext saya lampunya nyala, tapi gk kedetek Hard Disknya..
    itu kenapa gan ? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Driver Windows yang bermasalah tuh mas :)
      cara - caranya udah ada di atas tuh :D

      Delete
    2. uda aku ikutin cara di atas gan..
      tapi ttp gk bsa..
      gimana tuh gan ?
      tolong dong bantuannya..

      Delete
  2. ohh gitu yah gan
    gua nyimak aja deh gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo sob, disimak dulu :)
      jangan lupa di bookmark ya :3

      Delete
  3. kadang pas dicolokkan tidak terbaca, tapi setelah diulang di colokkan lagi malah terbaca, gmana kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. labil itu gan :3 , mungkin Port USB-nya atau HDD External tidak mendapat pasokan daya yang cukup :)

      Delete
  4. wah terimakasih tips-tipsnya gan hardisk eksternal punya saya sering gak terbaca :)

    ReplyDelete
  5. Infonya bermanfaat..
    Cocok buat pengguna PC sepertiku yg gak tau tekhnologi, CTRL + D dulu biar gak lupa !

    ReplyDelete
  6. Makasih GAn Sudah Berbagi :D
    Jadi Lebih Tau Biar Ga Salah :D

    ReplyDelete
  7. biasanya sih ane masalahnya di slot saya kabelnya..
    makasih atas infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti kabel aja mas :) , banyak yang jual kok :D

      Delete
    2. Oia, kebetulan saya pakai smartphone andro, nah kebetulan kabel usbnya itu gak bisa tersambung di PC ane, tapi kalau di laptop bisa itu kenapa ya?

      Maaf kalau ini OOT :)

      Delete
    3. drivernya mungkin sob :)
      coba update driver usb, biasanya kan windows otomatis langsung nyari driver yang cocok buat smartphonenya :)

      Delete
  8. Hard.Ext saya lampunya nyala, tapi gk kedetek Hard Disknya trus bunyi beep beep.
    itu kenapa gan ? :c solusinya gimana? udah saya coba make cara diatas tapi ga paham kelanjutannya gimana. tolong bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kalo masih garansi paling enak bawa ke service centernya aja tuh

      Delete
  9. kenapa pas dilihat di disk management hardisk ny gak kebaca gan?

    ReplyDelete
  10. kalo hdd external tampi di management dengan keterangan unalocated disk, the dis is write protected, ga bisa diapa2in, trus di explorer ga muncul sama sekali, cara benerinnya gimana ya??
    thanks/..

    ReplyDelete
  11. Gan, d disk mngmnt nya jg gk trbca tp lmpu nya nyala aprti biasanya. Gmn gan?

    ReplyDelete
  12. Hardisk memang rentan banget..benturan,air..thanks tipsnya mas pri..

    Salam unikajaib.blog

    ReplyDelete
  13. Min klau hardis external gg terbaca di leptop trus bunyi" tuk tuk tuk itu gimana min

    ReplyDelete
  14. thks sobat atas informasinya sangat bermanfaat !!

    http://myapotekacemaxs.com/

    ReplyDelete
  15. Punya ane gk bsa buat new folder,ganti nama Harddisk External + gk bsa di ejeck tapi klo copy file dri PC ke Harddisk external nya bsa,, Itu kenapa ya gan ??.

    ReplyDelete
  16. tetep gabisa gan, chage drive letter juga malah muncul pesan error
    Kompigames Free Android and PC Games

    ReplyDelete
  17. Minta ijin bookmark dulu bro.
    Makasih tipsnya

    ReplyDelete
  18. Ada tanda silang merahnya dan tertulis
    Disk Unknow 2 465,76 GB Not Initialized
    465,76 Unallocated
    Itumaksudnya apa...?

    ReplyDelete
  19. kalau masuk disk management/drive kilk kanan format data di dalam hardisk hilang semua tidak, thanks

    ReplyDelete
  20. Kalau hddnya saat di sambungkan ke laptop ada bunyi koneksi berhasil, namun tidak terdeteksi, suaranya mesin hdd terdengar bekerja normal, tetapi lampu indikator mati
    Kira - kira ada apa, dan adakah cara untuk menyelamatkan data", saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lampunya juga mati kira kira casing harddisknya mbak :D

      Delete
  21. hardisk eksternal ane kasus nya sma nih sperti agan.. gk kbaca sma lampu indikator gk nyala.. solusi na gmna gan.?? ane bingung sma penjelasan d atas..hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake kabel yang lain sob, kalo mnasalah ane sih di kabelnya yang gatau kenapa mungkin udah jelek :D

      Delete

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.