Tips Agar Terhindar dari Hoax/ Pemberitaan Palsu

Tips Agar Terhindar dari Hoax/ Pemberitaan Palsu
facebook.com/TurnBackHoax
Primonymous - Tips Agar Terhindar dari Hoax/ Pemberitaan Palsu- Hoax (pemberitaan palsu) suatu tindakan yang membohongi atau memperdaya orang untuk mempercayai sebuah berita atau informasi palsu yang mana berita atau informasi tersebut seakan-akan benar-benar terjadi. Hoax tergolong tindakan yang sangat meresahkan. Menkomimfo pun menganjurkan kita berhati-hati tentang berita di media sosial. Nggak jarang, kemunculan hoax ini sering memicu pertengkaran di dunia maya kayak panasbung dan panastak menjelang pemilu 2014. Untuk itu, mengecek fakta jadi hal penting di sini.

Jaman sekarang, siapa sih yang nggak rutin setiap harinya mengonsumsi dan mengakses internet? Tuntutan jaman membuat masyarakat dan siapapun bisa saja mengakses berita dan informasi apapun. Bukan hanya itu, informasi pun bisa beredar dari beragam media. Mulai media elektronik, media cetak hingga yang saat ini paling banyak diakses adalah media sosial.


Seiring dengan perkembangan media sosial saat ini, penyebaran hoax semakin merajalela, dan sayangnya, sebagian besar pengguna media sosial langsung percaya begitu saja tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Dan makin parahnya lagi, malah ikut menyebarkan.

Nggak cuma media sosial yang menjadi arus lalu lintas penyebaran hoax. Aplikasi pesan instan (instant messaging) juga tidak luput menjadi sarana penyebaran seperti BBM, Whatshapp dan juga media-media komunikasi lainnya.

Dilihat dari tujuannya, ada beberapa kemungkinan pembuat hoax menyebarkan berita-berita hoax tersebut, antara lain persaingan bisnis, usaha menjatuhkan kompetitor, atau hanya sekedar joke belaka. Nah, lalu bagaimana cara agar kita terhindar dari berita hoax? Berikut adalah Tips Agar Terhindar dari Hoax/ Pemberitaan Palsu.

Perhatikan Sumbernya

Setelah membaca suatu artikel apapun di Internet, coba lihat darimana sumbernya. Apakah itu situs yang cukup verified? Atau berasal dari orang yang kredibel? Lihat juga jangan-jangan itu berasal dari situs berita parodi atau tulisan dari blog tidak jelas. Jika perlu, kamu harus tahu siapa penulis dari informasi yang kamu terima. Jangan langsung percaya begitu saja.

Jangan Cuma Baca Judulnya

Judul dalam berita atau artikel seringkali dilebih- lebihkan agar lebih menarik pembaca. Seringkali judul dibuat lebih heboh agar menarik pembaca, padahal judulnya bisa saja melenceng atau gak nyambung sama isinya.

Hati-Hati Akun Anonim

Semua yang bersembunyi dibalik ke-anonim-annya susah untuk mempertanggungjawabkan info yang dia bagikan. Banyak akun palsu yang sengaja dibuat untuk menyebarkan berita- berita hoax.

Skeptis dan Kritis

Memiliki pandangan yang objektif memang cukup sulit untuk dilakukan karena setiap individu pasti punya bias tersendiri yang dipengaruhi oleh nilai yang dipercaya. Tetapi, bersifat kritis dan skeptis terhadap satu pemberitaan dan topik yang sedang tren itu harus banget. Gak cuma itu, agar tidak mudah percaya berita hoax, kita harus melihat dari berbagai perspektif.

Poin-poin yang terlah dijabarkan tersebut seharusnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kamu tidak mau kan kamu memakai smartphone tapi kamu tidak smart dalam menggunakannya. Ingat juga, tidak semua apa kamu dengar, kamu baca dan kamu peroleh itu sepenuhnya benar. So, harus benar-benar menyaring informasi yang akan menjadi pengetahuanmu.

referensi:
  • http://blog.politwika.com/7-cara-tinggalkan-hoax-di-medsos/
  • https://komunitas.bukalapak.com/s/i7qron/pakai_cara_ini_biar_kamu_terhindar_dari_hoax_di_media_sosial

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Tips Agar Terhindar dari Hoax/ Pemberitaan Palsu"

  1. MAU MENDAPATKAN UANG SAMPINGAN?
    YUK MAIN DI ARENA.. DOMINO..

    ReplyDelete
  2. Dewa rejeki hanya ada di DEWALOTTO dengan permainan lengkap yang kami sajikan untuk anda semua dengan bermain bersama kami silahkan di tunggu ya..PIN : 7BF59345

    ReplyDelete
  3. Selamat Pagi Kawan ku semua...
    Ayo yang hobi tebak nomor ( TOGEL ) merapat bersama kami ya disini tempat bermain yang juga menyediakan games sbobet ( bola champions, friendly dsb ) ibcbet ( permainan kasino seperti roullete bacarrat slot games dsb ) dan sabung ayam ( permainan adu ayam / laga ayam ) dengan proses mudah dan cepat serta nyaman dalam chatting yang 24 jam melayanin anda semua, dan juga kita bisa bantu dalam pendaftaran untuk bermain bersama kami disini bisa langsung via live chat atau pun dari kontak bbm ya bos ku :)
    tunggu apa lagi temen ku semua langsung saja di add PIN : D61F44C2 ditunggu ya temen2 semua..

    ReplyDelete

PEDOMAN KOMENTAR
> Dilarang menyisipkan link aktif
> Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.

Primamulia Teguh ✔