Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT

Primonymous - Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT di Sekolah - Ada yang berbeda saat penyelenggaraan ujian nasional sejak tiga tahun terakhir. Kini ujian nasional tidak hanya dilakuan melalui media kertas, tetapi juga dilaksanakan melalui media komputer. Dengan cara ini, ujian nasional diharapkan dapat dilaksanakan lebih maksimal. Namun sebelum itu, apa sih UNBK/ CBT?

Dikutip dari website Kemdikbud, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)/ CBT (Computer Based Test) adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur. Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan minat literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT di Sekolah
statistik ujian nasional - via - ubk.kemdikbud.go.id

Kini UNBK dilaksanakan menggunakan sistem semi-online. Soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan ke sekolah - sekolah, kemudian ujian siswa diproses oleh server lokal (sekolah) secara offline. Nantinya hasil ujian dikirim kembali ke server pusat secara online (upload).

Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT di Sekolah
unbk di sman 6 depok

Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT di Sekolah
unbk di sman 6 depok

Kelebihan Ujian Nasional Berbasis Komputer

1. Dapat meminimalisir kecurangan (integritas tinggi).

Dengan sistem soal yang diacak (di-random) dan jumlah paket soal yang banyak, siswa tidak bisa melihat pekerjaan teman di sebelahnya karena urutan soal yang berbeda. Hal seperti ini menurut saya dapat menambah motivasi belajar siswa karena tidak bisa berharap kepada temannya.

2. Memudahkan peserta ujian.

Pada paper base test, peserta diharuskan untuk mengisi biodata terlebih dahulu. Hal ini cukup memakan waktu. Di ujian nasional berbasis komputer, siswa bisa langsung mengerjakan soal ujiannya dengan memasukan username dan password dan biodata sudah otomatis terisi.

3. Hasilnya dapat lebih cepat diketahui.

Dengan aplikasi komputer maka hasil pekerjaan siswa bisa langsung diketahui oleh PUSPENDIK dan PUSTEKKOM. Hasilnya sudah pasti lebih akurat dan terpercaya.

4. Mengurangi pemakaian kertas.

Dengan menggunakan media komputer, otomatis penggunaan kertas sangat berkurang. Hal itu berarti kita dapat mengurangi limbah kertas.

Kekurangan Ujian Nasional Berbasis Komputer

1. Memerlukan biaya yang besar untuk pertama kali UNBK.

Karena banyak fasilitas yang harus dipersiapkan dan memerlukan biaya yang cukup besar. Contohnya untuk pengadaan server beserta perangkatnya (UPS).

2. Kurangnya komputer client.

Jumlah komputer yang tersedia di sekolah sangat minim sehingga diperlukan biaya untuk penyewaan komputer client.

3. Kondisi cuaca.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat, seperti hujan dan petir menyebabkan gangguan pada koneksi internet. Pemadaman listrik yang tidak terduga menyebabkan tidak bisa terlaksananya UNBK.

Saya berpendapat bahwa langkah yang diambil pemerintah sangat tepat karena dengan sistem ini dapat mengurangi anggaran untuk ujian nasional yang cukup besar. Di SMAN 6 Depok UNBK sudah mulai diterapkan sejak tahun 2015 sebagai pilot UNBK di Kota Depok dan sudah berjalan dengan lancar. Untuk UNBK di SMAN 6 Depok, siswa menggunakan laptop sendiri untuk menghindari terjadinya padam listrik. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyelenggarakan UNBK seperti ketersediaan listrik dan jaringan internet yang memadai. Diharapkan juga dengan adanya sistem seperti ini, masalah kebocoran soal dan lembar soal yang rusak dapat diminimalisir.

Sekian artikel tentang Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT , semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem UNBK/ CBT "

  1. Menurut saya mending pake yang manual daripada pake komputer susah nyontek hhhh

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Susah atau enggaknya ya tergantung situ belajar atau engga mas haha :D

      Delete

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.