Sejumlah Fakta Keren Tentang Google Search


Sejumlah Fakta Keren Tentang Google Search

Primonymous ~ Sejumlah Fakta Keren Tentang Google Search - Google Search telah dipercaya pengguna internet sebagai mesin pencari terpopuler, mengalahkan rivalnya, Bing dari Microsoft dan Yahoo! search. Munculnya sistem operasi Android juga menjadi pemicu semakin populernya Google Search mengingat Android adalah milik Google dan perusahaan tersebut tentu saja menjadikan Google Search sebagai default search engine pada OS Android yang kini telah menjadi sistem operasi pada smartphone yang paling populer di dunia.

Jika kamu penasaran bagaimana para engineer di Google bisa menciptakan mesin pencari dengan tingkat akurasi sangat tinggi, infografis di bawah ini akan menjelaskan padamu sejumlah fakta tentang Google Search. 

1. Sebelum pencarian


Asal kamu tau, proses pencarian di internet telah dilakukan oleh Google Search bahkan sebelum kamu mulai mengetik dan menekan tombol Enter. 

Bagaimana bisa? Google menggunakan program otomatis yang disebut sebagai ‘spiders’ atau laba-laba, yang secara terus-menerus melakukan scanning internet untuk merekam konten apa saja yang tengah kamu cari di internet. 

Data-data itu kemudian disimpan dalam server Google sehingga ketika kamu mengetik untuk memulai pencarian, Google sebenarnya telah memiliki data tersebut dan telah me-link-kannya dengan berbagai sumber terkait di internet, seperti jaring laba-laba yang mampu mencapai berbagai tempat dengan cara cepat.

Internet diibaratkan Google sebagai sebuah buku yang memiliki jutaan halaman dan tugas Google adalah membuat index dari seluruh halaman tersebut. Dengan cara itu maka user bisa dengan mudah melihat ‘index’ yang dibuat Google untuk menemukan konten yang mereka cari. 

Sementara index yang dibuat Google memiliki rincian sbb:

- Database Google yang berisi index memiliki ukuran sekitar 100 juta GB.
- Keseluruhan index tersebut membutuhkan 100 juta jam untuk bisa terkumpul sekaligus bisa digunakan user.

2. Selama pencarian


Saat kamu mengetik kata kunci di kolom Google Search, algoritma Google kemudian mulai mencari informasi yang kamu butuhkan, dengan rincian sbb:

- Sebelum kamu mendapatkan hasil dari pencarian, permintaan kamu harus menempuh jarak sekitar 2400 km dengan kecepatan 1 miliar km/jam, hampir setara dengan kecepatan cahaya. Kata kunci itu menuju pusat pemrosesan data yang ada di seluruh dunia.

- Saat kamu mengetik keywords, Google homepage secara otomatis menampilkan hasil pencarian sebelum kamu tekan Enter key, yang memungkinkan untuk bisa menemukan hasil paling relevan secepat mungkin. Fungsi ini disebut sebagai Google Instant.

3. Web page rank


Dari jutaan hasil pencarian yang ditemukan, Google hanya menggunakan sekitar 200 kriteria saja untuk diberikan ke hadapanmu. 

Setiap tahun Google memberikan lebih dari 500 perbaikan dalam algoritma pencarian di Google Search. 

Contoh dari kriteria tersebut adalah:
- Pentingnya konten website
- Jumlah webpage yang ter-link ke situs tersebut dan seberapa penting link itu
- Kata-kata dalam sebuah webpage
- Sinonim dari key word yang kamu masukkan
- Pengecekan ejaan kata
- Kualitas dari konten sebuah webpage
- Nama web dan URLnya
- Tipe dari pencarian: webpage, image, video, artikel, dll.

4. Hasil pencarian


Hasil pencarian di Google Search secara instan akan memunculkan sumber-sumber paling relevan. Untuk menjadikan kamu lebih mudah memilih hasil pencarian yang paling sesuai, kamu bisa menggunakan fungsi page review dengan cara meletakkan cursor ke sebuah pointer yang ada di bagian kanan dari Google Search result page. Rata-rata preview yang dibuat Google Instan ini membutuhkan waktu 0,1 detik sampai bisa muncul di layar komputer/smartphone/tablet-mu.

Sejumlah Fakta Keren Tentang Google Search
klik kanan pada gambar, lalu klik "buka gambar di tab baru" untuk melihat lebih jelas

Itulah proses pencarian menggunakan mesin pencari Google Search. 

Tidak semudah yang kamu perkirakan? Oleh karena itu, berterima-kasihlah pada Google yang memudahkan segalanya dengan sekali tekan pada tombol "Enter", hehe..

Sekian artikel tentang Sejumlah Fakta Keren Tentang Google Search, semoga bermanfaat...

dikutip dari > Kaskus

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Sejumlah Fakta Keren Tentang Google Search"

  1. Wah dapet ilmu yang berharga nih. Makasih ya sob.

    ReplyDelete
  2. Mantap baru tau aku kalo google itu ribet.

    ReplyDelete
  3. Salut deh sama google, banyak memberi keuntungan juga untuk para blogger, terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  4. baru tahu ane gan, keren ternyata ya, google search menjadi rajanya internet

    ReplyDelete
  5. yang bikin saya penasaran kaka,mereka butuh waktu berapa lama sama butuh orang berapa ya kira-kira untuk membangun itu semua..
    hmmm...(mikir keras)

    ReplyDelete

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.