Apa itu Lorem Ipsum?


Apa itu Lorem Ipsum?

Primonymous - Bagi yang akrab dengan internet, mungkin pernah mendengan kata "Lorem Ipsum" kan? Biasanya sih ada di demo - demo template, presentasi contoh font, atau sebuah tipografi. Tetapi sebelumnya, apa itu Lorem Ipsum dan asal usulnya?

Pengertial Lorem Ipsum


Menurut sumber dari Wikipedia, Lorem ipsum adalah teks standar yang ditempatkan untuk mendemostrasikan elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan tata letak. Maksud dari penggunaan lipsum tersebut adalah agar pengamat tidak terlalu berkonsentrasi kepada arti harfiah per kalimat, melainkan lebih kepada elemen desain dari teks yang dipresentasi. Jadi bisa dibilang Lorem Ipsum itu sebagai contoh teks (dummy).

Berikut teks Lorem Ipsum yang lazim digunakan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Asal usul Lorem Ipsum


Lorem Ipsum bukanlah teks-teks yang diacak. Ia berakar dari sebuah naskah sastra latin klasik dari era 45 sebelum masehi. Diperkirakan usianya lebih dari 2000 tahun. Terjemahan dari H. Rackham (1914) berbunyi seperti ini:

"Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain of itself, because it is pain, but because occasionally circumstances occur in which toil and pain can procure him some great pleasure. To take a trivial example, which of us ever undertakes laborious physical exercise, except to obtain some advantage from it? But who has any right to find fault with a man who chooses to enjoy a pleasure that has no annoying consequences, or one who avoids a pain that produces no resultant pleasure?"

Dalam Bahasa Indonesia, naskah tersebut diterjemahkan:

"Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?"

Sebenarnya ada banyak variasi dari tulisan Lorem Ipsum yang tersedia di internet, tetapi kebanyakan sudah mengalami perubahan bentuk, mungkin karena teks ini sering digunakan sehingga memiliki unsur humor atau kalimat yang diacak hingga nampak konyol.

sumber 1, sumber 2

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Apa itu Lorem Ipsum?"

  1. Keren Tuh Gan, Pantes Kalau Demo Template Suka Pake Lorem Ipsum :D

    ReplyDelete
  2. owh, jadi gitu ya gan... baru tau ane...

    ReplyDelete
  3. baru tau saya sob, kebanykan teks lorem ipsum kan udah di ganti2 jadi goreng ipsum dll..
    thanks infonya, keep sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha goreng ipsum :v
      mungkin karena unik dan banyak ditemui sehingga dibuat humor :)

      Delete
  4. wah jadi gitu ya gan thaks gan :D

    ReplyDelete
  5. hoo, gitu yah, ane kira itu cuma tulisan acak, pantesan sampai ada generatorny :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, ada banyak tools generator buat lorem ipsum ini :)

      Delete

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.