Review: Belajar Hidup Sehat, Yuk! Bersama RuangGuru

Hidup Sehat, Yuk!
user interface Ruangguru - via ruangguru.com
Review: Belajar Hidup Sehat, Yuk! Bersama RuangGuru, Indofood, dan FKM UI -
Kali ini, Primonymous akan me-review salah satu bimbel online di Indonesia yaitu Ruangguru. Jadi, Ruangguru ini adalah aplikasi belajar dengan berbagai konten pendidikan mulai dari video, infografis, rangkuman, latihan soal, tryout online,  dan bahkan les privat secara daring. Kerennya lagi, aplikasi ini bisa kamu akses dengan mudah hanya melalui smartphone kamu. Selain aplikasi smartphone, Ruangguru juga merilis produknya dalam versi flashdrive. Jadi di dalam flashdrive tersebut sudah tersedia seluruh konten Ruangguru yang bisa kamu akses secara offline melalui laptop atau smartphone kamu. Makin keren, kan?

Materi baru Hidup Sehat, Yuk!

Di pertengahan tahun 2018 tepatnya 22 Juli 2018, RuangGuru memperkenalkan program terbarunya yaitu "Hidup Sehat, Yuk!". Pembuatan dan pengembangan program ini merupakan hasil kolaborasi dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Kolaborasi ini merupakan sebuah inovasi dalam memaksimalkan kegunaan teknologi untuk menyebarkan pesan penting tentang kesehatan.

Dikutip dari detik.com, Kak Belva Devara selaku CEO dari Ruangguru menjelaskan bahwa, dulu kita berpikir kalau mau sosialisasi apa pun, harus didatangi satu per satu sekolah. Sekarang, kita punya kampanye dengan Indofood, Hidup Sehat Yuk! yang di dalamnya ada pesan yang sangat penting. Daripada kita mengunjungi sekolah satu per satu yang 20 tahun saja belum tentu selesai. Kita masukan pesan tentang pentingnya gizi seimbang remaja ke aplikasi Ruangguru yang anak-anak pakai. Konten di dalamnya, kita kerja sama dengan FKM UI untuk memastikan kebenaran informasi yang tersedia.

Bagaimana cara mengaksesnya?

Untuk mengakses fitur ini, kalian cukup buka menu RuangBelajar di aplikasi RuangGuru. Kemudian, pilih Kurikulum 2013 Revisi kelas 7 - 12 dan otomatis semua materinya bisa kalian nikmati.
Hidup Sehat, Yuk!

Video pada materi "Hidup Sehat, Yuk!" sangat mudah untuk dipahami, ga bakal bikin bosen, terlebih animasinya yang bikin kamu jadi ngerti banget, tutornya juga asyik, dan yang gak kalah penting ada latihan soalnya di tiap akhir materi untuk menguji apakah kita udah memahami dan mengerti materi yang kita pelajari sebelumnya atau belum. Gak perlu takut salah, karena bakal ada pembahasanya di tiap soal yang kamu jawab. Seperti materi lainnya di Ruangguru, bakal ada rangkuman di akhir materinya. Bedanya Ruangguru dengan bimbel online lain, rangkumannya dikemas secara menarik dan dilengkapi dengan infografis ciamik.

Hidup Sehat, Yuk!    Hidup Sehat, Yuk!


Hidup Sehat, Yuk!Hidup Sehat, Yuk!

Isinya apa aja, sih?

Isi dari fitur baru ini tentunya menyangkut hal - hal yang harus dilakukan agar hidup tetap sehat. Selain itu, ada juga berbagai informasi penting seputar kesehatan yang wajib banget hukumnya diketahui oleh para teenagers. Seperti seperti 1000 hari pertama kehidupan, anemia, gizi buruk, perkembangan dan pertumbuhan pada remaja, pedoman gizi seimbang, dan masih banyak lagi.

Materi favorit saya di Hidup Sehat, Yuk! adalah Kesehatan Remaja dan Gizi Seimbang. Karena sebagai remaja, penting banget untuk selalu memperhatikan kesehatan agar saat dewasa nanti kamu terhindar dari berbagai penyakit. Untuk itu, kita perlu mengetahui pentingnya menjaga kesehatan pada remaja serta pertumbuhan dan perkembangan yang dialami remaja dari fitur Hidup Sehat, Yuk! agar kamu tahu cara terbaik menghadapinya. Berikut cuplikan beberapa materi yang ada di "Hidup Sehat, Yuk!"

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan kamu, seperti pola makan, pola istirahat, kebersihan, dan olahraga. Khusus untuk pola makan, berikut adalah pedoman gizi seimbang.

Selain makanan, istirahat juga gak kalah penting, loh. Kita membutuhkan tidur malam 6-8 jam sehari agar dapat tumbuh optimal sekaligus meregenerasi sel-sel yang rusak. Terakhir, jangan lupa olahraga secara teratur minimal 150 menit dalam seminggu.

Hidup Sehat, Yuk!
piramida gizi - sumber: ruangguru.com

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Remaja

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa remaja ini terjadi beberapa perubahan pada diri remaja, seperti masa pubertas, pematangan kognitif, dan pematangan psikososial.
  • Masa pubertas: perubahan fisik dan hormonal pada remaja, misalnya seperti pertumbuhan tinggi dan berat badan, jakun membesar dan suara memberat pada laki-laki, membesarnya payudara pada perempuan, atau menstruasi.
  • Kemampuan kognitif: kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Intinya, berhubungan dengan kecerdasan seseorang.
  • Pematangan psikososial: istilah yang dipakai untuk menggambarkan hubungan antara kondisi kesehatan mental atau emosional seseorang dengan kondisi sosialnya.

Growth Spurt


Manusia biasanya mengalami fase growth spurt 2x dalam hidupnya. Saat bayi dan pada awal remaja Growth spurt pada remaja bertepatan dengan permulaan masa pubertas dan fasenya terjadi selama 3-3.5 tahun. Remaja pperempuan mengalaminya pada usia 10.5-14 tahun, sedangkan laki - laki pada usia 12-16.5 tahun. Tetapi, masa growth spurt setiap orang ini berbeda-beda dan ini lah yang menyebabkan kamu dan temanmu memiliki tinggi badan yang berbeda-beda.

Nah, itu dia sedikit informasi tentang materi yang ada di Hidup Sehat, Yuk!. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca di Pentingnya Menjaga Kesehatan Bagi Remaja dari Fitur Hidup Sehat, Yuk! Dan kalau masih penasaran dan ingin tau lebih banyak, ayo unduh Ruangguru di smartphonemu! Jangan lupa masukan kode referral SULTHANDRFJJT saat registrasi untuk mendapatkan potongan harga sebesar 35%!

Ruangguru tersedia di:


Review: Belajar Hidup Sehat, Yuk! Bersama RuangGuru

semua gambar yang dimuat bersumber dari aplikasi dan website ruangguru.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Review: Belajar Hidup Sehat, Yuk! Bersama RuangGuru"

  1. You will love it to enjoy our new app Torque Pro Apk : which you can download and enjoy free.

    ReplyDelete

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.