Cara Cek NISN Siswa Secara Online

Primonymous ~ Cara Cek NISN Siswa Secara Online - NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Nomor induk ini digunakan untuk mengidentifikasi bahwa para siswa sudah terdaftar secara nasional dalam Kementerian Pendidikan. Yang bertugas mendaftarkan siswa adalah kepala sekolahnya masing-masing. NISN ini digunakan sebagai indentifikasi siswa atau bisa dikatakan sebagai tanda pengenal yang sifatnya unik bahwa siswa yang bersangkutan sudah terdaftar secara nasional oleh Kementrian Pendidikan Indonesia, NISN ini terdiri dari kumpulan 10 digit angka unik yang akan dimiliki siswa ketika mulai duduk di bangku Sekolah Dasar alias SD. 

Masalahnya, banyak juga siswa-siswi tingkat SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang tidak begitu paham mengenai NISN yang sudah dimiliki. Bahkan banyak siswa malah belum tahu NISN nya, padahal NISN siswa untuk sekarang ini sangat diperlukan untuk pendataan di dinas pendidikan.

Pada lembar jawaban komputer (LJK) Ujian Nasional juga ada kolom isian untuk NISN. Seringkali siswa bingung harus mengisinya dengan nomor apa. Yang diketahui siswa hanyalah nomor ujian dan juga nomor induk siswa di sekolah itu padahal yang dimaksud NISN adalah nomor induk siswa nasional. Untuk mengetahui NISN dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda para orang tua dapat melakukan pengecekan terhadap NISN anak anda. Cara cek NISN dapat dilakukan secara online maupun dengan langsung menanyakan kepada pihak sekolah.

Untuk mengetahui atau sekedar cek NISN siswa melalui internet, pertama anda bisa mengunjungi website resminya di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data .

Cara Mengetahui dan Cek NISN Siswa Secara Online

Jika kamu sudah mengetahui NISN kamu (untuk mengecek NISN), silahkan gunakan tab menu "Pencarian Berdasarkan NISN" seperti pada gambar ini.

Namun bila kamu tidak tahu NISN dan ingin mencari NISN kamu, silahkan pilih tab "Pencarian Berdasarkan Nama" seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengetahui dan Cek NISN Siswa Secara Online

Silahkan isikan nama lengkap, tempat lahir dan tanggal lahir kamu dengan benar 
Kemudian tekan tombol "Cari".

Maka selanjutnya jika NISN kamu sudah terdaftar, kamu akan dapat melihar tentang rincian data yang sudah didaftarkan ke NISN tersebut, Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengetahui dan Cek NISN Siswa Secara Online

Adapun untuk penyelesain beberapa masalah seperti: NISN ganda, NISN tidak ada, dan berbagai masalah lainya yang berhubungan dengan NISN, kamu bisa mengunjungi halaman F.A.Q (Frequently Ask Question) NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/8.

Dan mengenai sekolah yang ingin mendaftarkan NISN murid - muridnya, silahkan menuju halaman Pengajuan Edit Siswa di: http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4 dan ikuti petunjuknya.

Demikian artikel tentang Cara Mengetahui dan Cek NISN Siswa Secara Online, semoga bermanfaat..

15 Responses to "Cara Cek NISN Siswa Secara Online"

  1. Lebih praktis memang kalau semua bisa dicek secara online..thanks artikelnya gan

    ReplyDelete
  2. Gitu Yah ._. , Enak Juga Kalo Disuruh Minta NISN Tinggal Kayak Gitu :v

    ReplyDelete
  3. Mengecek NISN di Situs nya memang lebih mudah, Bila kartu NISN nya hilang dan Nomornya tidak tahu memakai cara ini juga sangat dapat membantu. Trimakasih sangat bermanfaat :) Salam hangat

    ReplyDelete
  4. wah caranya ternyata sangat mudah sekali yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa-apa sekarang sudah mudah ya mas, tinggal pesan nasi goreng saja belum ada lewat online.

      Delete
  5. gw pernah pake ini, pas gabawa NISN dan dimintai nomernya di sekolahan

    ReplyDelete
  6. punya saya ada kah ya datanya hehehe :D

    Salam ( Sory Baru Nongol gan hehe :D kebnyakan proyek )

    ReplyDelete
  7. Nama ane kok gak ada? jangan jangan ane belum terdaftar disitu :o

    ReplyDelete
  8. Lumanyun buat bantu temen ane yang nisn nya hilang hehe
    Thaks sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. NISN hilang atau kartu pelajarnya yang hilang? :D

      Delete
  9. Wah kang ini yang saya cari cari
    soalnya Nomor NISN sangat dibutuhkan untuk melanjutkan sekolah
    Thanks ya gan

    ReplyDelete

PEDOMAN KOMENTAR
> Usahakan berkomentar sesuai artikel ^o^
> Dilarang menggunakan kata kasar!
> Dilarang menyisipkan link aktif
> Dilarang merokok, eh..

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.

Primamulia Teguh ✔