Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone

Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone
Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone via nokia-smartphone.de

Primonymous ~ Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone - Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil jepretan pada kamera agar hasilnya terlihat bagus. Mulai dari kualitas kamera, cara memotret, pencahayaan yang baik, momen yang pas, dan masih banyak lagi. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, teknologi kamera pada smartphone pun terus mengalami peningkatan. Beberapa produsen smartphone telah melengkapi kamera smartphone ciptaannya dengan fitur canggih layaknya fitur yang terdapat pada kamera SLR. 

Jika kita mengerti dan cermat menggunakannya, kamera smartphone pun akan menghasilkan gambar yang tidak kalah bagusnya dengan hasil jepretan para fotografer profesional. Dikutip dari Jalantikus.com, ini dia tips tentang Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone.

Pahami pengaturan kamera


Sebelum mulai memotret, tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu karakter dan pengaturan kameramu Ada fitur apa saja  yang bisa kamu explore untuk mendapatkan gambar yang maksimal. Contohnya seperti mengatur nilai ISO, white balance, exposure, resolusi gambar, dan sebagainya.


Hindari zoom


Hampir semua kamera smartphone memiliki fitur zoom. Namun harus kamu ketahui bahwa sebetulnya penggunaan fitur zoom pada kamera smartphone akan membuat kualitas gambar menjadi turun atau noise dan cenderung tidak tajam. Jadi, jika kamu merasa kurang dekat dengan objek foto dan memungkinkan untuk mendekat, maka sebaiknya mendekat.


Perhatikan arah datangnya cahaya


Yang tidak kalah pentingnya dalam momotret adalah pencahayaan. Kamu harus cermat melihat arah datangnya cahaya. Memotret dengan membelakangi arah datangnya cahaya akan membuat gambar lebih bagus dan terang. Sebaliknya, jika kamu memotret berlawanan dengan arah datangnya cahaya, maka objek foto akan gelap atau menjadi gambar siluet seperti bayangan . Untuk itu, gunakan flash jika ada. Seringnya bereksperimen dengan cahaya akan membuat hasil jepretan kamu lebih bervariasi.


Hindari penggunaan efek di kamera


Jika kamu ingin menambahkan efek, lakukan menggunakan software pengolah foto dan simpanlah dalam file yang berbeda, jangan menimpa foto aslinya, sehingga file gambar aslinya masih tetap terjaga.


Momen yang tepat


Momen yang pas akan meningkatkan kualitas fotomu. Saat kamu memotret hewan, anak-anak, orang berolah raga, atau memotret apapun yang sifatnya bergerak, menunggu momen yang pas adalah salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan.


Tangan stabil saat memotret


Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam memotret menggunakan kamera smartphone adalah kestabilan tangan. Seperti kita ketahui, kebanyakan kamera smartphone memiliki kecepatan menangkap gambar (shutter speed) yang rendah. Ketahui berapa lama kamera kamu membutuhkan waktu untuk menangkap gambar, mulai saat menekan tombol shutter hingga selesai menangkap gambar (shutter lag). Selama proses tersebut, usahakan tangan tetap stabil.


Lensa kamera selalu bersih


Hal sepele tapi penting yaitu memastikan lensa kamera dalam keadaan bersih. Gunakan kain pembersih lensa kacamata untuk menjaga kaca lensa kamera tetap bagus.

Nah, itu dia Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone. Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Memotret Menggunakan Kamera Smartphone"

  1. wah keren om :3 klo make tongsing bisa tambah oke nih :D nice info gan :D ane coba catet dlu takut lupa :v + ctrl + D tentunya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. tongsis + Camera360 pake effect sexy lips, manteb deh tuh :) :v

      Delete
  2. wah sangat bermanfaat nih gan :D

    ReplyDelete

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.