Perbedaan Game Full, RIP, Repack, Reloaded, Dan Sebagainya


Primonymous - Mungkin saat kamu ingin mendownload sebuah game di internet, kamu bingng ketika mendapati pilihan Full, RIP, Repack, dan Reloaded. Disini Primonymous akan membahasnya satu-persatu :)

Full:

Game masih utuh belum diubah sama sekali isinnya. Fitur audio, video, dan texture lengkap dan muncul pada game. Bisa dibilang versi Full ini adalah hasil clone DVD aslinya

RIP: 

Game dikompres secara penuh, dengan pengurangan audio dan video, texture. hasilnya dalam game ada fitur yang dikurangi antara lain cutscene, beberapa audio hilang, texture yang tak muncul.

Full RIP: 

Hampir sama dengan RIP, tetapi tingkat "working" game yang sudah dikompres hanya 70% karena di kurangi sizenya dan fiturnya secara penuh. Jadi jangan berharap banyak jika mendownload game Full RIP hahaha.

Repack: 

Sama dengan versi Full hanya ukurannya saja dikompres secara penuh tanpa pengurangan fitur, audio tetap original, tapi video (cut scene) diperkecil kualitasnya agar sizenya berkurang tanpa menggangu jalannya game.

Reloaded:

Game yang sizenya tidak jauh beda dengan size game original, karena versi original yang di crack dan ada tambahan patch atau juga sudah langsung di-patch. Qualitas dari game tersebut bisa didapat secara penuh. Biasanya versi reloaded disebut remake alias dibuat kembali dengan kualitas yang lebih baik.

Alpha:

Game yang pertama kali dibuat, biasanya terdapat banyak error/bug ketika memasuki level-level tertentu seperti audio yang tidak sinkron, graphic yang jelek tanpa efek, texture yang hilang dan masih banyak lagi.

Beta:

Kelanjutan dari versi Alpha, setelah dibuat dan ditemukannya error/bug dan diperbaiki dengan beberapa patch, dan mungkin didalamnya masih terdapat bug. ini juga masih dalam tahap percobaan, masih bisa dimainkan, walaupun kadang-kadang kurang stabil.

Demo:

Game yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum membeli/sebelum dirilisnya game tersebut, Anda bisa mendownload game dengan versi demo pada website game developer tersebut. Game versi demo biasanya hanya memiliki satu/beberapa level/stage saja.

Trial/Shareware:

Game yang memiliki versi ini maksudnya bebas untuk dicoba/dibagikan/diedarkan dan gratis tentunya, game ini sudah versi full, tetapi dibatasi dengan waktu misalnya hanya 30-60 menit atau hanya 7-15 hari. Biasanya game yang memiliki versi ini adalah mini game seperti game dari BigFish, Gamehouse, PopCap, dll.

Freeware:

Game ini jelas-jelas gratis untuk di-download, dibagikan, diedarkan, dengan keuntungan ditanggung sendiri. Biasanya game yang memiliki versi ini jarang ada patch atau kelanjutan gamenya jika terdapat beberapa seri.

Semua keterangan di atas dikutip dari berbagai sumber di internet :D

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Perbedaan Game Full, RIP, Repack, Reloaded, Dan Sebagainya"

Dilarang menyisipkan link aktif
Dilarang merokok

Stay away from drugs! Because you can't full enjoying the music without full conciusness.